Logo Baru Google Yang Membuat Kaget Dunia Maya


Munculnya logo baru Google pada tanggal 2 September 2015 kemarin sempat membuat kaget beberapa kalangan di dunia maya, termasuk salah satunya adalah saya sendiri. Awalnya sih iseng-iseng browsing, lho ko ada yang beda dari tampilan halaman utama pencarian Google, saya menganggapnya waktu itu mungkin Google lagi ada event tertentu, makanya gambarnya berbeda. Ye ternyata dugaan saya salah kawan, pada tanggal tersebut Google memang secara resmi mengumumkan pergantian logo barunya, dan ternyata pergantian logo tersebut menuai berbagai reaksi dari berbagai kalangan khususnya di dunia maya, seperti yang saya sudah kutip dari beberapa situs berita dibawah ini, dan yang gak kalah penting adalah perubahan logo google dilakukan hanya sebulan setelah rekonstruksi besar-besaran, Google memberikan sebuah citra baru bagi dirinya. Logo Google masih berupa untaian huruf, namun kini menggunakan tipografi sans-serif, yang membuatnya terlihat lebih modern dan gembira.
perubahan logo baru google

Filosofi Perubahan Logo Google

Ternyata perubahan logo Google memiliki filosofi tersendiri kawan, seperti yang dilansi oleh CNN Indonesia, berikut adalah sedikit ulasannya mengenai filosofi perubahan logo baru Google.

Jakarta, CNN Indonesia -- Google baru saja mengumumkan kehadiran logo perusahaanya yang baru. Penyegaran ini  bukannya sekedar coretan biasa, karena bagi mesin pencari tersebut ada makna mendalam di belakangnya.

Dalam postingan di blog resminya Google mengatakan sejak awal, halaman depan Google.com selalu hadir dengan sederhana, unik dan taburan warna-warni. Bagi Google ini saatnya untuk berubah.

"Seperti teknologi yang bergerak maju, kanvas itu sendiri telah berubah dan input serta kebutuhan menjadi lebih beragam," tulis Google, yang dikutip oleh CNN Indonesia.

Google mengatakan saat ini muncul perangkat serta cara untuk berinteraksi dan berkomunikasi yang baru seperti dari pakaian, teknologi suara, dan perangkat pintar di dunia di sekitar kita.

"Pengguna sekarang terlibat dengan Google menggunakan konstelasi perangkat, dan merek kami harus mengekspresikan kesederhanaan yang sama dan kegembiraan yang mereka harapkan dari homepage kami, sementara sepenuhnya merangkul peluang yang ditawarkan oleh masing-masing perangkat baru." dikutip dari CNN Indonesia

Makna Logo Baru Google

Sebelum Google melakukan perubahan logo pastinya juga memikirkan makna dari logo tersebut, nah berikut adalah makna dari perubahan logo Google yang sekarang.
  • Logo baru Google menggunakan karakter huruf bernama Sans Serif yang mempertahankan urutan multi-warna yang berbeda
  • Tanda dot atau titik-titik mempunyai makna sebagai daoat membantu dalam bentuk intraktif dan menuju transisi.
  • Google juga menghadirkan sebuah versi kompak dari logo Google yang bekerja dalam konteks kecil.

Komentar Desainer Kelas Dunia Mengenai Logo Baru Google

Ternyata perubahan logo baru google membuat desainer kelas dunia seperti Tobias Frere-Jones, Milton Glaser dan Steve Heller turut memberikan komentar, dan berikut adalah beberapa cuplikan yang saya kutip dari portal berita Liputan 6.

1. Tobias Frere-Jones
Mereka telah memilih untuk menekankan setiap lingkaran yang dapat mereka temukan. Hal ini merupakan cara efektif untuk menciptakan kesan ramah. Tapi, hal ini juga membuat 'l' menonjol karena "l" merupakan satu-satunya bentuk yang sepenuhnya lurus.

Kemudian, menjadi satu-satunya huruf berwarna hijau pun tidak membantu dengan baik, sehingga orang yang melihatnya mungkin akan tergoda untuk mengurai logo ini sebagai 'Googe'. Kendati demikian, mereka melakukannya dengan baik untuk mempertahankan urutan khas warna ini.

Urutan warna ini adalah satu-satunya cara, yang mana orang bisa 'melirik' logo ini dan mengatakan bahwa ini adalah Google.

Saya tidak berpikir bahwa desain ulang ini mengarah ke tren lain yang lebih besar, karena kesederhanaan akan selalu berhasil, bahkan walau itu tidak mengesankan sekalipun. Tapi, saya juga benar-benar berharap huruf 'e' tidak menjadi apa pun. 'Tobias Frere-Jones, desainer tipografi Frere-Jones Type'

2. Milton Glaser
Saya akan mengubah nama Google menjadi Goo. Alasannya, nama ini akan bisa segera dikenali dan sesuai dengan kriteria teknis, yang hanya mengambil sedikit ruang dan juga mengurangi bandwidth yang dibutuhkan. Jadi misalnya, subjudul: Goo / Menggenggam Dunia Bersama-sama. 'Milton Glaser - desainer grafis'

3. Steve Heller
Saat melihat animasi Google untuk pertama kalinya, saya merasa sedang melihat logo Paul Rand. Pergantian warna primer, nama yang berubah berubah menjadi huruf G dan titik-titik yang berdenyut lucu, masing-masing dengan sendirinya mengingat pokok bermain modernnya.

Saya tidak tahu, berapa lama animasi tersebut akan membosankan untuk dilihat, tapi itu adalah suatu kesenangan untuk melihatnya melalui perputarannya saat ini. 'Steve Heller - Art director dan jurnalis'. dikutip dari liputan6.com

Katanya Logo Baru Google Mirip Lenovo?

Denger-denger dari tetangga sebelah, katanya sih Logo baru google mirip dengan logo Lenovo, tapi apa iya, supaya kabarnya g simpang siur, yuk langsung simak saja ulasannya seperti yang saya kutip dari website sebelah dibawah ini.
Dilansir KompasTekno, Senin (7/9/2015) dari TheVerge, kesamaan logo kedua perusahaan dikatakan sebagai kebetulan belaka. Perancang huruf Tobias Frere-Jones mengatakan, kesamaan keduanya bisa dibilang sebagai bentuk sinergi visual kedua perusahaan yang sama-sama bergerak di industri teknologi.

Google mendesain ulang logonya untuk menyesuakan diri dengan tren teknologi yang mengarah ke penggunaan perangkat mobile. Menurut Google, kalau dulu netizen menjelajah dunia online memakai PC, kini mereka sudah banyak beralih ke perangkat mobile, atau gadget lain, bisa berupa TV, arloji pintar, atau dashboard mobil.

Logo Google yang baru ini diharapkan bisa lebih sesuai untuk semua jenis perangkat, bahkan yang memiliki "layar terkecil" sekalipun. Tampaknya Lenovo dan Google "bersepakat" bahwa jenis huruf yang kini digunakan pada logo baru mereka akan lebih disukai para netizen era sekarang.

Namun, Frere-Jones berharap kesamaan huruf 'e' yang digunakan Google dan Lenovo tak membuat perusahaan teknologi lainnya geger untuk turut menjadi sama. "Saya benar-benar berharap huruf 'e' ini tak jadi populer," katanya.

Tapi dua perusahaan besar sudah menggunakan logo dengan huruf itu. Bukan tak mungkin huruf tersebut bakal jadi andalan di kalangan para industri teknologi lainnya. Bayangkan jika kelak logo Facebook, Twitter, Instagram, Huawei dan Xiaomi punya logo serupa. Kita lihat saja nanti. dikutip dari kompas.com
Nah bagaimana gan, apakah sudah menjawab pertanyaan agan pertanyaan mengenai perubahan logo baru Google yang sempat menggemparkan dunia maya. Untuk mengakhiri artikel ini, beberapa waktu lalu GrafiTalk Team juga meluncurkan aplikasi canggih karya anak bangsa yang disebut dengan GrafiTalk. Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan diantaranya adalah untuk Chatting, Sharing Informasi, Memo Based on Location dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah supaya tidak penasaran langsung saja meluncur ke situs resminya gan.

Delivered by FeedBurner