Cara Praktis Mengetik Cepat dengan 10 Jari di Komputer


skema pembagian tugas mengetik jari
Gambar 2 : Pembagian Fungsi Masing-masing Jari
Bisa Mengetik Cepat dengan Menggunakan 10 Jari atau yang lebih dikenal dengan istilah Speed Typing, mungkin adalah sesuatu yang biasa bagi sebagian orang, akan tetapi akan berbeda dengan Kita yang masih dalam tahap pembelajaran maka memiliki keterampilan ini adalah sesuatu yang luar biasa,
bagaimana tidak dengan mengetik menggunakan teknik 10 jari, Kita bisa jauh lebih cepat dalam menulis laporan yang cukup banyak, menulis artikel yang sudah menumpuk dan untuk kebutuhan pengetikan lainnya. Sebelum melanjutkan tulisan ini, Saya mohon maaf baru sempat update artikel lagi, karena beberapa hari terakhir artikel blog Saya kena Penalty Google Sandbox, jadi  sebagian hilang deh dari peredaran SERP :(, baiklah tanpa harus meratapi kesedihan itu, langsung saja masuk ke materi deh.

Memiliki keterampilan mengetik 10 jari tidaklah susah yang terpenting adalah ketekunan dan keuletan Anda dalam proses belajar mengetik, walaupun dalam tahap awal Anda langsung menggunakan teknik yang lebih jauh lebih hebat yaitu 11 jari (alias menggunakan dua telunjuk sakti tangan Anda). Anda tidaklah perlu malu pada tahap awal proses pembelajaran yang mungkin nantinya akan memakan waktu cukup lama, akan tetapi jika Anda bisa dengan tekun dan giat dalam mengulang-ulang proses belajar mengetik Anda, maka bukan tidak mungkin dalam beberapa hari saja Anda sudah bisa mampu menaklukkan keyboard komputer Anda. Trust me.

Tidak perlu khawatir, disini Saya akan bagikan tips mengetik 10 jari yang sudah Saya pelajari waktu duduk di bangku kuliah dulu. Sekarang perhatikan skema pembagian tugas pada masing-masing jari berikut ini.
pembagian tugas jari
Gambar 1 : Skema Pembagian Tugas Jari

Nah dengan bantuan gambar diatas, Anda akan lebih terstruktur dalam menggunakan jari-jemari Anda untuk mengetik cepat di komputer. Teknik diatas merupakan teknik dasar dalam proses belajar mengetik 10 jari, jika Anda sudah terbiasa menggunakannya, maka jari-jemari Anda tidak akan merasa kaku lagi. Baiklah untuk melatih jari jemari Anda agar terbiasa coba lakukan latihan awal untuk mengetik beberapa kata dibawah ini. Jangan lupa untuk memperhatikan gambar diatas, mungkin awal Anda mengetik akan terasa kaku, biarkan saja nanti akan terbiasa dengan sendirinya. Ingat tidak ada sesuatu yang instan (kecuali mi heheh), semuanya butuh proses.

Latihan Mengetik Cepat Pertama

Aaaa  ssss  dddd  ffff  jjjj  kkkk  llll  ;;;;  asas  dasa  fasa  jkla  akal
Laka  dsjk  ada;  lsd;  kljk  dsfa  klas  saja  flad  saja  l;a;  da;f  kjad
Gggg  hhhh  gada  jaga  hak;  l;gh  slah  djkl  fag;  gah;  gash  halg  hgd;
Gdla  jgld  saga  fgj;  dgah  kdsl  flas  glas  hajs  jaf;  gasl  lah;

Latihan Mengetik Cepat Kedua

Eeee  rrrr  tttt  yyyy  uuuu  iiii  erte  tiru  tyre  yuti  eret  iyut  teri  resa
Dera  jika  kilu  gali  yuri  fasi  dali  jay;  tisu  rugi  haru  furi  EeEe   RrRr
RrTt  TtYy  YyUu  IiIi   ErTe  TiRu  TyRe  YuTi  UrEt  IyUt  TeTe
RiRe  SaDe  Rara  JiKa  KiLu  GaLi  YuRi  FaSi  Dali  JaY;  TiSu  RuGi
HaRu  RuFi

Latihan Mengetik Cepat Ketiga

Qqqq  pppp  wwww  oooo  qpow  opow  qopy  qory  woqi  popi
Qowo  pqwo  qqpp  zzzz  ////  xxxx  ….  ,,,,  cccc  vvvv  mmmm
Nnnn  bbbb  bome  zone  bic.  Z/z/  zx.,  Cx,v  Noze  Xena  Move
Why?  A<>b  How?  Vine  Blam  Crop  Size  [[[[  ]]]]]  {{{{  }}}}
‘’’’  “”””  [no]  {??}  I’m?  “??”  Vain  Coin  Mine
12345  67890  09876    45678  90123  12000  45750  32475  57900
23456  8/2=4  7\4=1  76345 23/89  9-5=4  9/3=3  -7689  =234/
9.657  89,09  7.8.9    9,9/3=5  99,88  -9/6,4
!!!!! +++++  @@@@@ _______ #####  ))))) ((((( $$$$$  %%%%%  *****  ^^^^^   &&&&&  |||||  ~~~~~  snip!  @2001  (350)
3*2=6  U$$50  100%  3^2=9  5+4=9

Belajar Mengetik Laporan Dengan Cepat

THE GENERAL BANK OF ASIA
JAPAN
=======================================================

Rahman Corporation Co. Ltd.
JAPAN

Dear Sirs
We have received instruction from The General Bank of Asia, Jakarta, to open an irrevocble letter of credit for u$$ 4,780 in your favor and valid till 15 September, 1997.
You are authorised to draw a 60 days’ bill on us aginst this credit for the amount of your invoice after shipment of various metal fittings as list enclosed and consigned to The Wearnes construction Co. of Surabaya, Indonesia, has been effected.
We shall reguire the documents listed blow to be produced by you before we accept your draft, wich should include all charges to Surabaya and our discount commision at 6%. It is also stipulated by the buyer that the goods covered by this draft be despatched in one shipment.

Your faithfully
The General Bank of Asia


Syaifurrahman (Mr)
Manager

Semakin Anda sering melatih jari-jari Anda untuk mengetik dengan 10 jari, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi master typing yang baru :), agar Anda tidak merasa jenuh dengan proses belajar mengetik Anda, silahkan selingi dengan menginstall software game mengetik 10 jari yang sudah banyak bisa Anda temukan di internet seperti Typing Master, Rapid Typing, Stamina Typing Tutor dan Kiran’s Typing Tutor. Silahkan Anda pilih sesuai dengan selera Anda, dengan menggunakan software ini maka proses belajar mengetik Anda akan sangat terbantu. 

Selain itu sebagai tambahan referensi, Anda juga bisa menggunakan software untuk latihan mengetik 10 jari online, semakin Anda sering melatih jari jemari Anda, maka keterampilan mengetik Anda akan semakin jago. Sekian dulu update artikel mengenai cara cepat mengetik dengan 10 jari, semoga bermanfaat untuk Kita semua. Thanks to Ade' Nikmatur Rohmaya yang sudah menginspirasi Saya sehingga tulisan ini bisa terbit disini.

Delivered by FeedBurner