ERGONOMI KOMPUTER | TIPS SEHAT MENGGUNAKAN KOMPUTER


Belajar Komputer | Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungannya secara fisik, sesuai dengan lingkungan kerjanya, peralatan yang digunakan, serta pekerjaannya. Setelah mengerti tentang pengertian ergonomi, Seperti janji saya pada postingan sebelumnya yang membahas tentang Cara Mengoperasikan Komputer Yang Baik dan Benar, pada artikel kali ini saya akan berbagi TIPS SEHAT MENGGUNAKAN KOMPUTER atau yang sering kita kenal dengan istilah ERGONOMI KOMPUTER.

Di era modern sekarang ini, sebagian besar orang di dunia ini menghabiskan banyak waktu di depan Komputer, tidak peduli anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantor, penjaga mall sampai kegiatan disekolahpun sudah menggunakan Komputer. Hal ini terjadi karena kebutuhan manusia akan tingkat efisiensi waktu yang sangat tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi dibalik semua itu, apakah Anda sadar MENGGUNAKAN KOMPUTER dengan cara yang salah dan dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama justru akan membuat Anda mengalami gangguan pada Mata, Kepala, Lengan, Leher dan Punggung. Selain itu menggunakan Komputer dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan stres fisik yang akhirnya dapat menyebabkan Anda cacat.

Pastinya Anda tidak ingin mengalami beberapa hal diatas, Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang berkaitan dengan penggunaan Komputer dengan membuat tubuh Anda lebih sadar selama Anda menggunakan Komputer, tentunya dengan menyesuaikan Posisi Komputer Anda, seperti penempatan Monitor yang sejajar dengan mata, Mouse dan Keyboard yang mudah dijangkau dan penggunaan Kursi yang Ergonomis (bisa diputar dan dinaikturunkan). Untuk lebih jelasnya, mari Kita simak beberapa Tips Sehat Menggunakan Komputer yang merupakan aspek dasar Ergonomi Komputer. 

1. Lingkungan Yang Bersih, Rapi dan Tenang 
Faktor lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan sangat menunjang agar kegiatan berkomputer Anda tidak terganggu, jika lingkungan Anda bersih dan rapi, maka secara otomatis Anda juga akan lebih tenang dan lebih rileks dalam melakukan pekerjaan Anda dengan menggunakan Komputerdan bisa Anda bayangkan sendiri jika lingkungan tempat kerja Anda penuh dengan kertas-kertas yang berserakan dan suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda sedikit banyak akan terganggu, karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Perhatikan Posisi Duduk Anda
Posisi duduk yang benar saat menggunakan Komputer adalah dengan menegakkan punggung Anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh Anda, bukan membungkuk atau miring.

3. Posisikan Monitor Di Tempat Yang Nyaman 
Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata Anda sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor Komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
    • Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
    • Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
    • Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.
    • Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
    • Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.
4. Posisi Keyboard dan Mouse Mudah Dijangkau
Menempatkan Keyboard dan Mouse ditempat yang susah untuk dijangkau hanya akan membuat Anda susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini hanya akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman, silahkan simak beberapa tips berikut.
    • Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda bisa lebih rileks.
    • Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
    • Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
    • Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
    • Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.
5. Istirahatlah Secara Periodik

Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini akan membuat badan Anda terasa pegal-pegal pada punggung dan nyeri. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi kepegalan dan menambah kenyamanan Anda dalam mengoperasikan Komputer.
    • Warm Up (Pemanasan) - Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
    • Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
    • Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
    • Mengistirahatkan Mata - Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar Komputer selama beberapa saat.
Semoga beberapa Tips Sehat Menggunakan Komputer dan contoh ergonomi komputer diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan Kita semua. Tidak sulit untuk melakukan beberapa tips di atas  selama Anda berada di kantor maupun di rumah, jika Anda ingin kegiatan Komputer Anda Tetap Nyaman dan Menyenangkan.


Delivered by FeedBurner