Bank Terbaik Se-Asia Tenggara, Ya BNI Lah..!


logo bank bni dan bni tagline
Sebelum membahas mengenai prestasi Bank BNI, sangat tidak ada salahnya kita berkenalan dan mengetahui terlebih dahulu sejarah dari Bank BNI ini, yuk simak ulasan lengkapnya. 

Sejarah Bank BNI

Didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. Lahir pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Oeang Republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946 dicetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia.

Menyusul penunjukan De Javache Bank yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai bank sentral pada tahun 1949, Pemerintah membatasi peran BNI sebagai bank sentral. BNI lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun 1950 dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Kantor cabang BNI pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.

Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin strategis dengan munculnya inisiatif untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke pada tahun 1960-an dengan memperkenalkan berbagai layanan perbankan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah dan Bank Sarinah. Tujuan utama dari pembentukan Bank Terapung adalah untuk melayani masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. BNI juga meluncurkan Bank Keliling, yaitu jasa layanan perbankan di mobil keliling sebagai upaya proaktif untuk mendorong masyarakat menabung.

Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.

Singkat cerita, setelah krisis keuangan melanda Asia tahun 1998 yang mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap perbankan nasional, BNI melakukan program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk membangun & memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan angka ‘46’ di depan kata ‘BNI’. Kata ‘BNI’ berwarna tosca yang mencerminkan kekuatan, keunikan, dan kekokohan. Sementara angka ‘46’ dalam kotak orange diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.

Setelah mengetahui sejarah pertama pembangunan Bank BNI, mari kita simak pembahasan selanjutnya mengenai prestasi yang berhasil ditorehkan oleh bank yang memiliki tagline "Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa" ini.

Prestasi Bank BNI

Kalau ditanya bank terbaik se Asia Tenggara, jawabannya pasti BNI lah. Bagaimana tidak, dengan segudang prestasi yang berhasil ditorehkan oleh bank milik pemerintah ini (dalam hal ini adalah perusahaan BUMN) pastinya turut serta mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatatkan prestasi yang sangat menonjol dibandingkan bank-bank lain di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Prestasi terbaik yang pertama kali diraih BNI pada tahun 2014 lalu adalah menjadi bank yang memiliki Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara. Pada saat yang sama, BNI tetap menjadi bank dengan layanan kepada nasabah kecil dan menengah serta layanan Cash Management terbaik di Indonesia.

Pastinya saya tidak sembarangan dalam memberikan predikat terbaik kepada bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia ini. Salah satunya adalah pengakuan dari majalah Alpha Southeast Asia kepada Pemimpin Divisi Internasional BNI Abdulllah Firman Wibowo di Jakarta. Tiga penghargaan yang diberikan kepada BNI adalah The Best International Banking Division of The Year 2014 in Southeast Asia, The Best Cash Management Bank, dan The Best SME Bank in Indonesia. Pokoknya serba the best deh semuanya.

Menurut Firman, penghargaan sebagai bank yang memiliki Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara diberikan kepada BNI karena dinilai unggul pada berbagai sudut penilaian, mulai dari kinerja bisnis, network coverage, dan strategi bisnis. BNI mengusung visi bisnis internasional: “Bridging Indonesia and The World” hingga mendapatkan penilaian yang signifikan dalam survei yang dilaksanakan Alpha Southeast Asia.

Visi Bridging Indonesia and The World tidak sekadar slogan semata karena BNI memang serius menggarap bisnis internasionalnya, antara lain dengan terus memberikan solusi untuk kebutuhan nasabah. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang sudah didapat oleh Bank BNI. 
penghargaan bank BNI dalam ajang Contact Center World

Selain penghargaan yang diberikan oleh majalah Alpha Southeast Asia, bank yang berdiri tanggal 5 Juli 1946 itu juga mendapatkan beberapa penghargaan lain ditahun yang sama yaitu Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.Untuk lebih lengkapnya mari kita simak beberapa prestasi yang berhasil di torehkan oleh Bank BNI.

Daftar Prestasi Bank BNI

  1. Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
  2. The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
  3. Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
  4. The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service  dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
  5. Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia  Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
  6. The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
  7. Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
  8. Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
  9. Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional  HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
  10. Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
  11. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
BNI Best Payable Solution of the Year In Southeast Asia

Mengawali tahun baru 2015 kemarin tepatnya 29 Januari 2015 di Kuala Lumpur Malaysia, BNI Financial Service Group kembali diakui sebagai yang terbaik di Asia Tenggara. BNI beserta dua anak perusahaannya yaitu BNI Life dan BNI Securities yang merupakan Layanan Keuangan Terpadu (BNI Financial Service Group)  menerima penghargaan dari Alpha Southeast Asia Magazine untuk layanan Trade Finance, Remittance, Cash Management, Kredit Sindikasi Terbaik di Asia Tenggara, dan Merger & Akuisisi terbaik dengan partner internasional. Tercatat lima aktivitas keuangan dan layanan di BNI dan anak perusahaan yang mendapat pengakuan sebagai pemberi layanan terbaik.

BNI juga dinilai layak mendapatkan penghargaan Best Payable Solution of the Year In Southeast Asia karena keunggulannya dalam memberikan layanan Cash Management. Salah satu layanan Cash Management adalah pembayaran Pajak Online (e-Tax) melalui BNI, dimana BNI merupakan bank pertama di Indonesia yang memberikan layanan elektronik secara real time dan menjadi bank asal Indonesia pertama yang memiliki layanan terintegrasi dengan kantor Pajak dan Kepabeanan di Kementerian Keuangan RI.

Penghargaan lain yang baru-baru ini diterima Bank BNI adalah dinobatkannya Bank BNI sebagai "Best Cash Management Bank in Indonesia" oleh Asian Banker. BNI juga menjadi yang terbaik di Indonesia dalam bisnis bank to bank service baik pada lingkup domestik maupun internasional sehingga dinilai layak menerima penghargaan "Leading Counterparty Bank in Indonesia" dari Asian Banker.

Kedua penghargaan tersebut diberikan Asian Banker kepada BNI yang diterima oleh Mucharom, General Manager BNI Cabang Hong Kong, di Hong Kong pada acara 16th Asian Banker Summit di Hong Kong Convention and Exhibition Center, Selasa (14 April 2015). Kedua penghargaan tersebut merupakan bagian dari rangkaian penghargaan yang disebut The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 untuk perbankan di Asia Pasifik.

Sebagai tambahan informasi, The Asian Banker Transactional Banking Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri perbankan di Asia Pasifik yang lolos dalam evaluasi khusus yang dilakukan oleh  the International Council of Advisors Asian Banker  dan dinyatakan terbaik dalam pencapaian bisnis, dilihat dari pangsa pasar, keunggulan produk, dan prestasi operasionalnya. The Asian Banker Transactional Banking Award mengevaluasi pelayanan bank dalam cash management, payment, dan trade finance. Pemenang penghargaan ini merupakan yang terbaik dari hasil penilaian yang dilakukan melalui survei, wawancara, dan penilaian lapangan.
Budaya kerja bank BNI
Banyaknya prestasi yang sudah diterima oleh Bank BNI saat ini, tidak terlepas dari budaya kerja perusahaan yang telah berhasil diterapkan oleh Bank BNI kepada setiap pegawainya, yaitu "PRINSIP 46" yang meliputi 4 (Empat) Nilai Budaya Kerja dan 6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI. Berikut adalah penjabaran dari "PRINSIP 46" yang sudah membuat bank tertua di Indonesia ini berhasil menyabet berbagai macam penghargaan baik skala nasional maupun internasional.

Penjabaran "PRINSIP 46"

4 (Empat) Nilai Budaya Kerja Bank BNI yang terdiri dari :
  1. Profesionalisme (Professionalism)
  2. Integritas (Integrity)
  3. Orientasi Pelanggan (Customer Orientation)
  4. Perbaikan Tiada Henti (Continuous Improvement)
6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI yang terdiri atas :
  1. Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
  2. Jujur, Tulus dan Ikhlas
  3. Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
  4. Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
  5. Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
  6. Kreatif dan Inovatif
Selain itu, sebagai bank BUMN dengan jaringan internasional terbesar, saat ini BNI memiliki lima kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hongkong; satu sub branch di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan Remittance Representative yang tersebar di Malaysia, Saudi Arabia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Hal ini sangat sesuai dengan salah satu dari 4 nilai budaya kerja Bank BNI yaitu Orientasi Pelanggan (Customer Orientation).

Cabang BNI di Luar Negeri

beberapa cabang BNI di luar negeri
Bank BNI semakin mengepakkan sayapnya menuju kancah internasional, hal ini terbukti dengan beberapa kantor cabang yang sudah berhasil dibuka di berbagai belahan dunia. Dengan semakin banyaknya kantor cabang yang dibuka oleh bank BNI, maka akan semakin memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan jika melakukan perjalanan ke luar negeri. Berikut adalah alamat dari kantor cabang BNI yang ada di luar negeri lengkap dengan nomor telepon dan juga faxnya.
BNI New York One Exchange Plaza 55 Broadway NewYork, NY 10006, USA
P: +1 212 943 4760
F: +1 212 344 5723
BNI London 30 King Street London EC2V 8AG United Kingdom
P: +44 20 77764646
F: +44 20 77764699
BNI Tokyo Kokusai Bldg 1st Floor 3-1-1 Maronouchi Chiyoda-Ku, Tokyo PC 100-0005, Japan
P: +81 3 3214 6565 , 3214 5621
F: +81 3 3212 6428, 3201 2633
Website: www.ptbni.co.jp
BNI Hong Kong G/F, Far East Finance Center 16 Hartcourt Road Hong Kong
P: +852 2529 9871,2861 8600
F: +852 2865 6500
BNI Singapore 39 Robinson Rd, Robinson Point#01-01 & #06-01, Singapore
P: +65 6225-7755
F: +65 6225-4757
BNI Osaka sub-branch Nakanoshima Festival Tower 17th Floor
Nakanoshima 2-3-18
Kita-ku, Osaka, Japan

Dengan adanya beberapa kantor cabang yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia, membuktikan bahwa Bank BNI sangat memperhatikan kenyamanan dari para nasabahnya. BNI juga memiliki 11.209 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 (empat) ATM di Hong Kong dan 2 (dua) ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh 43.191 ATM LINK, 64.471 ATM Bersama, serta 71.369 jaringan ATM PRIMA. Selain itu terdapat fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id. Jadi para nasabah bank BNI tidak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian keluar negeri.

Untuk jaringan domestik, BNI memiliki 1.714 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 384 kabupaten. Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat, BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer and Retail Loan Center (LNC) yang terbesar di seluruh Indonesia.

Sepertinya penjelasan diatas sudah cukup untuk bisa menjawab pertanyaan bank apa sebenarnya yang terbaik di Asia Tenggara, tidak perlu dijawabpun pastinya teman-teman sudah tau kan apa jawabannya. Pastinya Bank BNI selalu dihati. Sekian dulu tulisan saya kali ini semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi rujukan teman-teman sekalian.

Sumber :
http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/sejarah.aspx
http://bumn.go.id/bni/halaman/41/tentang-perusahaan.html
http://bumn.go.id/bni/berita/127/Contact.Center.BNI.Cetak.Prestasi.Tingkat.Dunia
http://bni.co.id/id-id/tentangkami/budayaperusahaan.aspx
http://www.dream.co.id/dinar/bank-asal-indonesia-ini-raih-divisi-internasional-terbaik-140829c.html

Delivered by FeedBurner